Dashi, Gula Pasir, Kaldu Ayam, Merica Bubuk

Diposting oleh Masnida on Senin, 23 Juli 2012

Dashi
Dashi sangat sering di gunakan pada masakan Jepang, karena merupakan kaldu dasar setiap makanan yang telah di turunkan dari leluhur mereka , dashi adalah sejenis 'Kaldu' ikan khusus yang di campur dengan ganggang, sehingga menghasilkan cita rasa kaldu yang berbeda dari kaldu pada umum nya. Dalam pembuatannya Dashi kebanyakan menggunakan Rumput laut / ganggang laut yang sering di konsumsi orang2 asia, di tambah dengan irisan ikan Cakalang. biasanya ikan cakalang ini di awetkan terlebih dahulu. di atas adalah gambar Dashi yang biasanya di pasarkan berbentuk bubuk / butiran.

Gula pasir.
Gula pasir merupakan sumber Karbohidrat yang berbentuk kristal seperti pasir. merupakan sumber utama energi untuk rubuh dan juga rasa manis. Gula pasir di hasilkan dari beberapa sumber seperti yang paling banyak adalah Tebu, pisang, beras, kelapa, dan masih banyak lagi. Sangat sering kita jumpai di Pasar karena merupakan salah satu komoditi ekonomi.

Kaldu Ayam
Kaldu Ayam di hasilkan dari rebusan tulang atau daging ayam untuk mendapatkan sari pati dari daging dan tulang tersebut, penggunaan kaldu ayam pada masakan akan memberikan cita rasa dan aroma ayam pada masakan. masyarakat indonesia sering menggunakan kaldu ayam sebagai campuran masakan. tetapi untuk mendapatkan kaldu ayam kita harus merebus daging / tulang ayam, maka kebanyakan penduduk indonesia menggunakan kaldu ayam bubuk yang telah di kemas oleh beberapa perusahaan. penggunaan kaldu ayam kemasan dapat menjadi alternatif, tetapi alangkah baiknya bila menggunakan kaldu ayam hasil rebusan daging / tulang ayam yang asli.

Merica bubuk
Merica atau Lada dihasilkan oleh pohon merica / lada, berbentuk biji-bijian kemudian di haluskan menjadi bubuk merica / merica bubuk. Merupakan rempah-rempah yang sangat sering di gunakan dalam masakan, bahkan dahulu sempat menjadi komoditi yang sangat mahal, hal itu pula yang membuat oarang-orang eropa dulu nya melakukan explorasi ke negara-negara asia. orang melayu menyebut lada / merica sebagai Sahang. jangan mencium merica bubuk karena dapat membuat anda bersin-bersin.